.::Welcome to My Blog::. Just for share

Ada yang Baru di Gudang Tembakau !!

Posted: Sabtu, 28 Desember 2013 by Unknown in
0

Tembakau, sebagai masyrakat  Indonesia tentunya kita tidak asing dengan tumbuhan ini, Tembakau merupakan salah satu bahan dasar penggunaan rokok. Dalam pembuatan rokok, tembakau akan di simpan pada gudang-gudang  tembakau.Gudang Tembakau memiliki banyak tipe, ada multilayer dan stereoscopic, namun dalam perkembangnnya Gudang dengan tipe Stereoscopic lebih sering di gunakan.
           
Siapapun pasti tahu bahwa tembakau merupakan bahan dasar dan bahan utama pembuatan rokok, tentunya dengan pengetahuan ini, kita mengetahui bahwa tembakau dapat menyebabkan kebakaran pada gudang temabakau, namun sebenarnya terdapat faktor-faktor lain penyebab kebakaran pada gudang tembakau.
            Faktor-faktor tersebut adalah komposisi bahan kimia dalam tembakau, semakin besar kandungan kalium maka sifat mudah tembakau akan semakin besar, Tembaku yang merupaka bahan padatan memiliki titik bakar 220 °C, pada titik ini tembakau akan berubah menjadi beracun, selain itu tembakau sangat mudah kembali menyala meskipun telah dipadamkan, Insektisida yang digunakan pada tanaman tembakau yaitu aluminium phosphida yang dapat berubah menjadi fosfin merupakan zat beracun mudah terbakar,Gudang biasanya di bangun pada daerah padat pemukiman dan di pinggir kota dimana banyak sekali factor yang mempermudah terjadinya kebakaran seperti pengeasan listrik, pembuangan putung rokok secara sembarangan dan banyak hal lainnya, Jalur-jalur sempit pada gudang sangat menyulitkan pengevakuasian kebakaran, Bahan- bahan dalam gedung tembakau seperti kertas rokok temabakau dan lain sebagainya memiliki sifat mudah terbakar dan membakar.
            Meskipun banyak faktor pendukung penyebab kebakaran, terdapat pula pengabaian regulasi dari bangunan kebakaran seperti tidak memenuhi jarak pencegahan kebakaran antar bangunan, tidak adanya pengaturan jalur kebakaran dengan benar, sehingga pengevakuasian korban kebakaran akan semakin sulit, serta ketidak cocokan sistem alarm otomatis pada gudang karena perangkat mudah mengalami korosi yang diakibatkan oleh insektsida pada gudang.
            Banyak faktor pendukung terjadinya kebakaran pada gudang tembakau hal ini lah yang mencetuskan hal baru dari seseorang bernama Zhang Hong-yu di HUANG Jing-han untuk melakukan pencegahan kebakaran pada gudang tembakau.
            Pada gudang dengan tumpukan tembakau di luar ruangan dapat dilakukan dengan mrlengkapi gudang dengan instalasi penangkal petir, dan membuat jarakantar tumpukan dengan kabel rak tinggi kurang dari 1,5 kali tiang kawat, kemudian alat transportasi yang menuju tempat ini harus memiliki alat pemadam bunga api, kemudian pencegahan juga dapat dilakukan dengan pelarangan peletakan ventilasi pipa dekat dengan bunga api saat pembongkaran tembakau.
            Pencegahan kebakaran pada gudang lain dapat dilakukan dengan pengadopsian cat pencegah kebakaran, kemudian pada gudang dengan tipe stereoscopic harus memiliki luas kurang dari 4800 m, perlu adanya zona pencegah kebakaran dengan lebar lebih dari 8 m, jendela eksterior, daerah harus memiliki area kurang dari 5% dari luas bangunan tersend, sendiri dan terdistribusi, Gudang juga perlu di lengkapi dengan teras dengan panjag dan lebar 3 m dan 5 m,  Pencegaha dapat dilakukan dengan mematuhi regulasi mengenai pencegahan kebakaran bangunan.
            Pencegahan dapat juga dilakukan dengan pemasangan kanopi yang di tarik kemudian dengan Desain jalur api berbentuk cincin, namun apabila gudang sudah memilki jalur pemadam kebakaran desain jalur api incin tidak perlu di gunakan.
            Pencegahan terakhir dilakukan dengan pendesainan sisitem alarm otomatis, meskipun telah diketahui bahwa insektisida pada tembakau yaitu aluminium phospide dapat menyebabkan korosi pada sitem alarm, namun hal ini dapat disiasati dengan memberikan detektor api antiseptic dan meletakkannya diluar area insektisida namun tetap mampu menjangkau air.

            Berbagai hal pencegahan kebakaran di gudang tembakau ini akan mampu memberikan dampak positif bagi perusahaan rokok dan tembakau, dan akan membantu mengurangi terjadinya kasusu kbakaran pada gudang tembakau.

by : Candima Setyasa

0 komentar: